Wednesday 29 April 2015

Download Soal UMPN 2014


Selamat (Pagi, Siang, Sore, Malem) temen-temen :)
Pada postingan kali ini Virtual Campus mau bagiin soal Ujian Masuk Politeknik Negeri tahun lalu / 2014.

Tapi ngomong-ngomong tentang Politeknik, apa sih beda nya Politeknik sama Universitas ?
Jadi sebelum temen-temen mendownload soal ujian masuk nya ada baik nya temen-temen tau dulu apa sih itu Politeknik, dimana letak perbedaan nya sama Universitas, nah berikut ini Virtual Campus mau kasih tau sedikit apa sih itu Politeknik, cekidot :)

Oke, jadi apa sih Politeknik itu ?
Politeknik adalah salah satu bentuk pendidikan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan dalam bentuk vokasi atau kejuruan.
Di dalam Politeknik tidak mengenal istilah Sarjana (S1, S2, S3) karena di Politeknik menerapkan sistem diploma dimana lulusan nya nanti akan mendapan gelar A.Md untuk D3, S.ST untuk D4, dan Magister Terapan (saya lupa singkatannya :D ) untuk D5. Berarti kalo lulus gak bisa disamain dong dgn lulusan Universitas/Institut ? yah bisa dong karena lama studi normal di Politeknik, Universitas, atau pun Institut itu sama, D3 itu 6 semester, D4 yang setara S1 selama 7-8 Semester, dan juga untuk D5 yang setata S2.

Lalu apakah perbedaan nya cuma di gelar ? tentu tidak untuk sistem nilai atau SKS nya juga berbeda, kalo di Universitas menjalani sistem SKS penuh, nah di Politeknik SKS nya itu sudah dipaket,
misalkan 1 semester ada 11 mata kuliah, nah selama 1 semester itu kita wajib ikut semua mata kuliah (klo di ibaratkan sistem nya sama kayak kalo kita sekolah SD,SMP/SMA dulu) gak ada yang nama nya semester pendek, yang kuliah 8 semester kalo pinter bisa jadi 6 semster, tapi selama 8 semester itu kita wajib ikut semua mata kuliah dan gak bisa ikut ke kakak tingkat atau turun ikut ke adik tingkat,

Selain itu di Politeknik gak ada yang nama nya Fakultas, karena Politeknik langsung turun ke Jurusan lalu di bawah nya ada Program Studi, dan di beberapa Politeknik Jurusan itu di ganti menjadi departemen, misalkan jurusan teknik komputer menjadi departemen teknik komputer.
oh iya satu lagi bidang pendidikan di Politeknik itu di bagi 2 yaitu Rekayasa untuk bidang teknik dan Tata Niaga untuk bidang ketataniagaan nya.

Nah jadi kurang lebih seperti itu lah perbedaan antara Politeknik dengan Universitas dan Institut, atau ada yang sering menyebut Universitas itu SMA karena bersifat umum, kalo Politeknik itu SMK nya karena bersifat vokasi atau kejuruan.

Setelah membaca penjelasan di atas sekarang udah tau kan apa itu Politeknik, jadi untuk kalian yang mau memutuskan melanjutkan kuliah di salah satu Politeknik Negeri di Indonesia silahkan Download Soal UMPN 2014 disini.


Kalo udah di download silahkan dipelajari yah, itu cuma soal gak ada pembahasan jadi silahkan di bahas sendiri, SEMANGAT ;)

2 comments:

  1. permisi gan...
    kalau mau pembahasannya bisa kunjungi alamat ini www.pendekaredu.com

    matur nuwun :)

    ReplyDelete
  2. KOK GAK BISA DI DOWNLOAD YA?

    ReplyDelete

Breaking News
Loading...
Quick Message
Press Esc to close
Copyright © 2014 Virtual Campus All Right Reserved